Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing Usia 1 – 8 Minggu

Periode dua bulan pertama dalam hidup seekor anak kucing adalah masa yang paling menarik karena perubahan yang cepat dari waktu ke waktu. Sebagaimana saya tulis dalam artikel terdahulu tentang Proses Kelahiran Kucing, bayi kucing yang baru lahir  belum bisa melihat dan mendengar (namun sudah bisa mengeong) serta belum mempunyai gigi, biasanya mempunyai berat badan lebih kurang 90-110 gram dan berat badan ini akan berlipat dua dalam dua minggu pertama sejak kelahirannya.Mengamati perkembangan anak kucing mulai minggu pertama sampai minggu kedelapan sangatlah menarik karena pada periode ini terdapat beberapa tahapan penting dalam perkembangan hidup kucing.

Berikut beberapa tahapan yang bisa kita amati pada periode tersebut:

ilustrasi nduk kucing sedang menyusui anaknya
ilustrasi induk kucing sedang menyusui anaknya

Minggu PertamaAnak kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur,adalah normal anak kucing berkedut kedut  pada saat tidur karena hal ini akan menstimulus sistem syaraf dan ototnya. Tali pusar akan terputus pada usia 2-3 hari, pada kondisi lingkungan yang bersih sangat jarang sekali terjadi infeksi tali pusat. Bayi kucing belum mempunyai sistem pengaturan suhu tubuh yang baik sehingga  tergantung pada induknya untuk mengatur suhu tubuhnya supaya konstan (supaya tidak kedinginan ataupun kepanasan). Adalah normal seekor induk kucing menjilat jilat anus anaknya, hal ini merupakan naluri induk kucing untuk menstimulus reflek buang air besar pada anak kucing.  Artikel tentang Perawatan Bayi Kucing Yang Baru Lahir  mengulas lebih detil tentang anak kucing pada periode minggu pertama ini.

Minggu KeduaBayi kucing mulai merangkak dengan baik pada usia 7 – 14 hari. Mata kucing mulai terbuka pada umur 8 – 11 hari ( walaupun belum bisa melihat dengan jelas). Sedapat mungkin hindarkan membuka paksa kelopak mata karena bayi kucing belum siap menerima rangsang cahaya. Retina mata mulai sempurna umur 5 minggu. Mata kucing pada awalnya berwarna biru akan tetapi kemudian berubah warna seiring dengan waktu. Pada periode minggu kedua ini, indera penciuman kucing mulai berkembang. Jenis kelamin anak kucing mulai bisa dikenali walaupun masih ada kemungkinan keliru. Untuk mengenali jenis kelamin kucing, bisa dibaca di artikel Mengenali Jenis Kelamin Bayi Kucing.

Minggu KetigaAnak kucing mulai bisa berdiri sekitar umur 16 hari dan berjalan normal pada usia 21 hari. Pada akhir minggu ketiga daun telinga mulai terbuka dan mulai bisa mendengar. Gigi susu mulai tumbuh ( terdapat 26 gigi susu yang akan lengkap pada usia 8 minggu),pada usia ini indera penciuman mulai berkembang dan bayi kucing mulai belajar mengendus endus. Pada usia ini sebaiknya anak kucing sudah mulai diberi obat cacing.

Minggu KeempatBayi kucing mulai nampak aktif bermain main dengan saudaranya dan mulai belajar meninggalkan “sarang”nya. Biasanya pada saat ini induk kucing mulai meninggalkan anaknya untuk jangka waktu yang pendek. Kemampuan penglihatan dan pendengaran anak kucing terus meningkat. Walaupun pada saat ini anak kucing sudah mulai bisa menjilati bulunya sendiri, namun sang induk biasanya masih menjilati anaknya.

Minggu KelimaPada usia ini penglihatan sudah penuh berkembang, induk sudah mulai menyapih anaknya sehingga makanan padat sudah bisa mulai diberikan (tidak semua anak kucing merespon sama dan diperlukan kesabaran). Kaki mulai aktif ketika bermain dengan saudaranya dengan gerakan mencakar dan menerkam. Kucing mulai bisa dikenalkan dengan tempat makan dan minum serta kotak pasir toilet.

Minggu Keenam sampai kedelapanPada tahapan ini sebaiknya mulai diajak bersosialisasi dengan cara dipegang ( diusap) tangan, mata, yang pada dasarnya merupakan poin poin dalam pemeriksaan kesehatan. Memberikan mainan kucing akan berguna dalam perkembangan anak kucing. Biasanya dokter hewan memberikan vaksinasi pertama kali pada periode 6-8 minggu. Pemberian vaksinasi ini sangat penting utuk menjaga kesehatan karena untuk penyakit yang disebabkan oleh virus sampai saat ini belum ada obat yang benar benar efektif dan terjangkau, jadi tetap lebih baik mencegah daripada mengobati.

Apakah anda mempunyai pengalaman menarik dalam perawatan bayi kucing?, bagikan pengalaman anda dengan meninggalkan komentar disini.

74 tanggapan untuk “Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing Usia 1 – 8 Minggu

  1. Dok.. Kucing ku lahiran 4 minggu lalu. Babynya sekitar umur 4 mingguan deh udh bisa jalan. Kira” aku udh boleh mandiin induknya kapan yah? Minggu ke 5 atau ke 6. Cz babynya msih nyusu klo aku mandiin takut doa gk mau nyusu sma induknya.

    Suka

    1. Halo Annisa,

      Maaf baru balas pertanyaan Annisa karena tidak tahu kenapa komen Annisa masuk ke spam.

      Tidak apa apa dimandikan,kalau terpaksa anaknya lupa “bau” induknya -didekatkan saja ke dekat puting induknya.

      Suka

  2. Dok kucing saya sejak umur 3 minggu matanya tidak bisa terbuka, baru terbuka pada umur 4 minggu… Tapi hanya sebelah saja dan matanya putih.. Itu kenapa ya dok? Haruskah dibawa ke RS?

    Suka

    1. Hai Jihan,

      Seharusnya anak kucing sudah terbuka kelopak matanya pada usia 10-11 hari. Namun adakalanya terlambat karena adanya kotoran yang menyebabkan lengket. Jika ini yang terjadi pada kucingnya Jihan, maka bisa dibantu dengan menempelkan (menutul nutulkan) kasa steril yang dilembabkan dengan air hangat, lakukan pelan pelan 2-3 kali sehari. Tujuannya adalah melunakkan kotorang yang menempel.

      Adapun mata yang putih, saya kurang paham jika tidak melihat langsung, namun mungkin itu selaput pelindung mata yang belum terbuka sempurna.

      Jika memang memungkinkan, membawa ke dokter hewan atau RS sangat saya sarankan.

      Semoga membantu

      Suka

  3. Pak Aris, anak kucing saya sudah 21 hari tapi belum bisa jalan dan kaki belakang sepertinya tidak bisa berdiri tapi melebar seperti kaki cicak. anak kucingnya 2 ekor dan dua-duanya ga bisa jalan jadi hanya merangkak saja. apakah masih mungkin bisa jalan atau termasuk cacat ya ?
    Jenisnya kucing kampung, sebenarnya induknya itu kucing liar tapi karena dikasih makan akhirnya menetap di teras rumah.
    Terima kasih sebelumnya.

    Suka

  4. Sya sedang merwt anak kucing yg g ada indunya..sya tdk.terlalu pham umur brpa tpi sya kira skitr 1-2 minggu.
    Tlong beri sya tips bgimna cra merwtn agar kucing itu tumbuh dngn sehat mskipun tnpa induk..
    Aya bingung krna sya tdk berpengalamn merwt kucing yg msih sngat kecil

    Suka

    1. Hai Mimi,

      Walaupun tidak mudah namun merawat bayi kucing tanpa induk bukanlah hal yang mustahil.

      Hal utama yang perlu diperhatikan adalah: suhu,susu dan pembuangan.

      Usahakan suhu tubuh bayi kucing berada di kisaran 38-39 derajat,jika tidak ada thermometer rasakan suhu pada jari dan telapak tangan kucing – harus terasa hangat dan tidak boleh dingin.

      Berikan susu khusus kucing, di pet shop biasanya ada dan biasanya dinamakan KMR (Kitten Milk Replacer), usahakan memberi setiap 2 jam.

      Karena bayi kucing belum punya refleks untuk buang air, maka biasanya sang induk merangsangnya dengan menjilati bagian anus dan sekitarnya. Cara ini harus kita tiru dengan menempelkan kain/kapas hangat di tempat tersebut.

      Untuk sementara fokus pada 3 hal tersebut diatas karena bayi kucing belum bisa makan makanan padat.

      Jika memungkinkan timbanglah setiap hari, jika perawatan berhasil baik maka seharuanya berat badannya akan konstan naik.

      Semoga membantu.

      Suka

    1. @Hys Toso

      Gunakan kain kasa yang sedikit dibasahi (dilembabkan) dengan air hangat, tutulkan pelan pelan pada kotoran yang mengeras (jangan digosokkan). Hal ini akan membantu kotoran yang keras menjadi lunak kembali sehingha mudah dibersihkan.

      semoga membantu

      Suka

  5. Anak kucing saya sejak lahir langsung ditinggalkan oleh induknya. Usia baru sekitar dua harian. Kapan saya harus mulai memberi susu padaanak kucing tersebut?

    Suka

    1. Biasanya karena induknya kurang telaten membersihkan,bisa dibantu dibersihkan dengan cara ditempeli kain kasa/kapas yang dibasahi air hangat sehingga kotorannya lunak dan mudah dibersihkan.

      Suka

  6. Dear pak Aris Baskoro, mau tanya pak.
    Anak kucing saya sudah berumur 3 minggu namun matanya baru terbuka sebelah. Saya bingung, mata sebelahnya memang blm kebuka atau karna “kotoran mata (belek)” mereka yang menumpuk menghambat proses terbukanya mata mereka.
    Memang di mata sebelah mereka terdapat seperti belek yg keras dan sulit utk dibersihkan.
    Mohon bantuannya pak. Terima kasih

    Suka

    1. Hai Rahmadiana
      Untuk membersihkan kotoran dimata yang sudah mengeras bisa menggunakan kain kasa yang dibasahi (dilembabkan) dengan air hangat.

      Caranya dengan menutul nutulkan (tapi jangan digosokkan dengan keras) kain kasa tersebut ke kotoran yang mengeras sehingga kotoran tersebut menjadi lunak dan mudah dibersihkan oleh induknya. Jika induknya tidak mau membersihkam, maka kotoran yang sudah melunak tadi dengan mudah dapat kita bersihkan dengan kain kasa yang bersih.

      Suka

  7. Hai dok ketemu lagi hehe, saya ada masalah nih dok kucing saya kan lahiran 5, nah anak yg ke-2 pertumbuhannya lambat sekali, sampai sekarang usianya hampir 3 minggu, yang 4 ekor matanya sudah hampir terbuka dan sudah besar, hanya yang anak nomor 2 yg masih sangat kecil ( kelihatan seperti usia 1 minggu, dan dia lemah sekali sampai sempat saya kira sudah meninggal, dia kalau nyusu kalah sama 4 saudaranya dok, saya kasih susu pengganti juga susah, cuma mau minum sedikit sekali, cuma beberapa tetes. Apa yg harus saya lakukan dok? Trimakasih sebelumnya

    Suka

    1. Hai Ebid

      Selagi induknya masih mau menyusui usahakan memberi ASI kepada si kecil yang lemah, jika dia kalah bersaing dengan saudaranya yang lain – beri kesempatan menyusu sendirian dengan memisahkan keempat saudaranya pada waktu waktu tertentu.

      Suka

  8. Salam kenal dokter, sy baru piara kucing satu tahun, kebetulan sy didatangi kucing kecil yg ditinggalkan induknya, kira2 baru berusia dua bulan atau paling lama tiga bulan. Setelah sy rawat dia tumbuh sehat dan menyenangkan, nah dua minggu lalu kucing sy tsb melahirkan yg pertama kali dgn anak dua ekor, anaknya tumbuh sehat. Diusia anak kucing yg ke 15 hr anak2 kucibg sy sdh buka mata dan nyaris sempurna, walaupun telinganya blm terbuka kesekuruhannya. Yg sy heran, baru 15 hari melahirkan, tp induknya udh mulai kawin lagi, sy mergokin bbrp kali ketika sy manggil utk memberi makan. Yg ingin sy tanyakan adalah ;

    1. Wajar nggak sih, Dok, kalau kucing kawin lg setelah dua minggu melahirkan?

    2. Kalau wajar, akan berpengaruh pada saat menyusui bayinya, nggak, Dok?

    3. Selanjutnya apa yg hrs sy lakukan pada bayi kucing disaat ibunya keluar seharian penuh. Dan baru plg ketika di panggil utk mkn.

    Kucing sy, jenis kucing kampung biasa, Dok, daya ingatnya pun bagus. Krn dia selalu tau lantai brp kami tinggal dan di nomer Unit brp? Krn sy tinggal di apartemen sederhana.

    Mohon jawabannya ya, Dok. Dan sy mengucapkan banyak2 terima kasih.

    Suka

    1. Hai Alan, salam kenal juga.

      1) Kucing baru melahirkam 15 hari dan kumudian kawin lagi adalah normal, bahkan bisa lebih cepat dari itu. Prinsipnya jika kucing betina memasuki siklus birahi, maka dia siap untuk kawin lagi. Siklus birahi berulang setiap 3-4 minggu (kecualu ketika dia hamil).

      2)Tidak akan berpengaruh, dia akan tetap menyusui.

      3) Terhadap anaknya karena induknya masih ada, tidak perlu melakukan hal khusus dan biarkan menyusu secara alami.Kalaupun jarang pulang,setelah siklus birahi selesai (berlangsung lk satu minggu), dia akan kembali ke rumah seperti biasa.

      Suka

  9. Salam kenal juga Vivin,

    Usia dua minggu seharusnya sudah mulai membuka, coba dilihat lagi mungkin ada kotoran pada kelopak matanya yang membuatnya lengket sehingga susah dibuka. Jika memang demikian, bersihkan dengan cara menempelkan dan menutul nutulkan kaim kasa yang dilempabkam dengan air hangat.

    Suka

  10. hai mai mau tanya2 sedikit tentang kucing yg baru melahirkan.. kucing saya bernama misty dan dr dulu dia makan proplan dicampur ikan cue.. tp setelah melahirkan dia cm mau makanan whiskan kalengan yg basah.. bagaimana ya mas krn misty udh sm sekali gak mau makanan kering.. apakah nanti berpengaruh ke anaknya atau tidak apa2.. terimakasih

    Suka

    1. Selamat pagi Della

      Pada dasarnya makanan yang basah lebih baik dibandingkan makanan kering,jika memungkinkan berikan saja makanan basah yang diformulasikan untuk induk yang sedang menyusui.

      Suka

  11. Haii,, mau tanya2 dong.
    Saya baru pelihara kucing jenis persia medium, usianya baru 7 minggu.
    Tapi dia tidur terus, blm mau makan & minum pun hanya sedikit sekali.
    Apa itu tidak apa2 ??
    Mohon bantu.
    Terima kasih

    Suka

    1. Hai Hilda,

      Kucing memamng menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, pada umur 7 minggu biasanya kucing masih mendapatkan nutrisi dari induknya dalam bentuk ASI.Jika selama ini menunjukkan pertambahan berat badan yang normal, kondisi fisiknya bagus,meu memberi respon baik jika diajak bermain serta nampak ceria maka tidak perlu dikhawatirkan.

      Suka

  12. kucing persia sy baru melahirkan 4 ekor anak, 2 ekor mati baru umur 2hari, sy pikir induknya tdk bgtu pintar ngerawat anak, tp saat melahirkan dia bisa membersihkan ke empat anaknya dgn dijilati, tp yg bertahan anak pertama & terakhir, kasih sayangnya pun beda, anak terakhir lebih gemuk & lincah, anak pertama lemes tp masih bisa meraba2. apa yg menyebabkan si induk bgtu ya pak? sy liat beda bgt kasih sygnya. Terimakasih

    Suka

    1. @Dila
      Induknya sudah berapakali melahirkan.?
      Ada kebiasaan yang tidak begitu jelas bagaimana terjadinya namun seringkali sepertinya tahu jika ada anaknya yang tidak akan bertahan lama sehingga dia lebih fokus merawat anak yang kemungkinan hidupnya lebih besar.

      Kalaupun anak pertama nampak lebih kurus dibanding yang terakhir, sepanjang dia masih bisa menyusu induknya dan masih bisa dekat dengan induknya (sehingga tidak kedinginan)maka itu berarti masih aman dan tidak banyak yang harus dilakukan, biarlah induknya yang merawat dengan caranya sendiri

      Suka

    1. Selamat siang cahaya,

      Prinsipnya adalah sediakan litter box atau kotak pasir dan letakkan di tempat tenang, tunjukkan pada si kucing dan selanjutny kucing akan mengerti sendiri cara menggunakannya untuk buang air.

      Suka

  13. Selamat mlm dok, purworejony daerah mana dok, sama2org purworejo, kalo saya d pangen, sy mau tanya dok,susu apa yg bs d berikan ke anak kucing,krn d tgl prg sm induknya.. Takut nti diare klo slh ksh susu.terimakasih sebelumny

    Suka

    1. Selamat malam mbak Erlita, saya tidak jauh dari Pangen – tepatnya di kelurahan Sindurjan. Jika terpaksa, bisa menggunakan KMR ( Kitten Milk Replacer). Saya lihat di beberapa pet shop di Purworejo – banyak tersedia. Umur berapa kucingnya sekarang?

      Suka

  14. saya merawat bayi kucing dari lahir tanpa krna induk nya sudah mati cm sempat menyusui anaknya 2-3 hari…anaknya ada 2 ekor,saya kasih mreka susu sgm 0-6bln yg 1 mati usia 10 hari krna bbrapa hari trakhir dia sudah tidak mau minum susu…skrg bayi yg 1 lg usia nya sudah 14hari dan mulai ssh d kasih minum spt saudaranya yg udh mati wkt itu…
    jd saya harus gmn…apa sebab mreka tidak mau minum susu lg? saya takut yg ini tidak bertahan jg…mohon pencerahannya pak aris

    Suka

    1. Ini memang kondisi yang sulit, saya sangat menghargai usahanya untuk merawat bayi kucing yang kehilangan induknya.

      Jika memungkinkan gunakan KMR ( Kitten Milk Replacer) – semacam pengganti susu yang diformulasikan untuk kucing.

      Berikan sedikit sedikit tapi sering

      Pastikan suhu sekitar bayi kucing tersebut sesuai dan nyaman untuk kucing.

      Jika memungkinkan bawa ke dokter terdekat, karena jika sudah kekurangan cairan – perlu terapi cairan.

      Suka

  15. terima kasih pak,td saya ksh minum susu pke pipet sedikit2 pntg jgn kekurangan cairan kan ya…soalnya saya paksain dia minum pke pipet ampe kira2 8ml tenaga nya ada lagi wlaupun blom mau d susuin pke dot lg…skrg dia lg tidur,nanti kasih minum lg pas dia uda bangun apa tiap brp jam gt pak ngasih nya?
    baru besok mgkn saya kasih KMR…

    Suka

    1. Kebutuhan susu per hari untuk anak kucing umur 2 minggu sekitar 40ml. Jumlah ini diberikan secara bertahap setiap 2 – 4 jam sekali, jadi misal bisa memberikan setiap dua jam maka kuantitas setiap pemberia lk 3 – 4 ml saja

      Suka

  16. Dok saya mau tanya ,saya punya 2 anak kucing yang umurnya skarang sudah 2 minggu , kucing yang satu matanya udh kebuka semua , tapi yang satu lagi mata yng kebuka baru sebelah , itu karna faktor apa ya dok?? Apa belum waktunya kebuka atau kebanyakan belek yang nempel jadi susah dibuka ?

    Suka

    1. Nampaknya itu kebanyakan “belek” sehingga lengket dan susah dibuka, untuk memudahkan induknya membersihkan kita bisa bantu dengan menutul nutulkan kain kasa yang sudah dilembapkan dengan air hangat.

      Suka

    1. Ini wajar terjadi kalau induknya kurang bersih ketika menjilatinya. Kita bisa bantu dengan cara menutul nutulkan kain kasa yang sudah dilembapkan air hangat sehingga kotorannya menjadi lunak dan lebih mudah dibersihkan oleh induknya.

      Suka

  17. Terimakasih atas infonya, Pak. Umur berapa ya sebaiknya mulai bisa dimandikan? Baru pertama kali ada kucing melahirkan di rumah. Jadi bingung juga.

    Suka

    1. Induk kucing akan membersihkan anaknya secara naluriah (dengan cara menjilatinya) sehingga pada keadaan normal tidak perlu tergesa memandikan anak kucing. Jika ingin memandikan sebaiknya ditunggu sampai unurnya 8 minggu.

      Suka

  18. Dok, sya mau tanya
    Saya menemukan anak kucing umur sktr 1 bln sepertinya ditggal induknya dok krna ktka saya tmukan induknya tdk ada
    Hampir setiap saat dia seperti mencari2 puting induknya
    Saya kasian sekali dok, apa yg harus sya lakukan agar si kucing tetap bsa bertahan hidup tanpa ada asupan nutrisi dr susu induknya dok
    Mohon bantuannya ya dok
    Trma ksh sblmnya dok

    Suka

    1. Sediakan tempat yang bersih dan hangat, penghangat bisa dibuat dengan menggunakan lampu bohlam. Untuk nutrisi bisa menggunakan KMR (Kitten Milk Replacer) yang bisa dibeli di petshop terdekat, berikan sedikit sedikit (bisa menggunakan dot kucing atau jika terlalu besar -gunakan pipet tetes) tapi dengan frekuensi yang sering.

      Suka

  19. Saya hamil 4bln aman kan memelihara kucing yg baru bisa merangkak yg saya pungut di pinggir jalan?
    Tp selama 8hr drmh dia suka di mandikan pakai sampo sunsilk..
    Aman kah untuk ibu hamil karna saya suka menggendong dan membiarkan ny tidur dirumah??

    Suka

  20. Wah dapat banyak lelajaran dari Pa Aris yang satu ini. Beliau bagi ilmu tidak dari cuma satu perspektif, sangat mendidik pemula seperti saya!

    Kitten persia medium saya pun bahkan sebelum genap berusia 2 minggu sudah mulai menjilati kaki depanya dan bahkan menjilati/menggigit gemas saudaranya sendiri.

    Suka

  21. Saya menemukan anak kucing kampung yg baru lahir, tidak ada induknya (menurut saya) hari minggu
    Sy kurang bisa memperkirakan usianya, tali pusar sudah tidak ada, mata blm terbuka, 3hr saya rawat mata mulai terbuka kecil, sy lap kapas dgn air hangat tiap pagi, skrg mata agak besar tp msih hitam (menurut saya)
    Kmren sabtu,(7hr) sy tinggalkan dia drumah sendiri dr siang smpe mlaam, bgtu sy ksih susu spertiny dia sangat haus smpe agak tersedak,Tapi agak galak dan dot botol susu itu sprti mw d makan semua, d masukan k dlm mulutnya semua sambil d cakar² botolnya, apakah tindakan itu normal? Krn tidak tau usia pastinya, sy juga gbs menentukan kapan waktu yg pas untuk memberi makanan tambahan, apa dia seperti itu Krn msih lapar,
    Biasany stelah itu dia ga lama tertidur, ini agak lama dan sejam setelahnya mengeong lagi

    Suka

    1. Selamat pagi ibu Rita, terima kasih sudah membantu merawat kucing terlantar.

      Dari cerita ibu, saya perkirakan usia kucing tersebut saat ini sekitar 3 minggu, pada usia ini kucing masih bergantung pada susu sebagai sumber nutrisi utama. Perilaku mencakar cakar botol merupakan hal yang wajar, pada keadaan alami -seekor anak kucing biasa menyusu induknya sambil tangannya menekan tubuh induknya (kneading).

      Saran saya, lanjutkan pemberian susu – dan baru dua minggu lagi baru dikenalkan makanan padat (sekedar perkenalan dan tidak perlu dipaksa), secara perlahan jika sudah waktunya dia akan mulai makan makanan padat sendiri.

      Suka

  22. Mohon maaf pak Aris, anak kucing saya 4 ekor sekarang umur 13 hari, matanya sdah membuka semua. Anak kucing yg satu cuma terbuka satu matanya, kmrin saya olesi air dikit2 dgn kapas, kotoran warna putih keluar semua dan bisa melek. Tapi td pgi mpe sekarang nutup lg. Mohon tips merawatnya pak. Terimakasih

    Suka

    1. Selamat malam, prinsipnya kita meniru atau membantu induk kucing dalam merawat anaknya-induk akan menjilati muka anaknya berkali kali. Untuk memudahkan induk membersihkan mata anaknya -kita bantu melembapkan kotoran dengan cara menempelkan kain kasa yang dilembapkan air hangat. Ini bisa dilakukan setiap hari sampai matanya bisa terbuka dengan mudah.

      Suka

  23. Anak kucing saya sudah berusia 2 minggu lebih, waktu kelopak matanya mulai membuka saya lihat warna matanya hitam dok, baru-baru ini setelah saya perhatikan lagi warna matanya mulai sedikit keabuabuan. Itu normal tidak dok?

    Suka

    1. Lebih kurang saya bisa jelaskan sebagai berikut: Terdapat dua bagian mata yang mempunyai warna berbeda, bagian pertama adalah “pupil” terletak dibagian tengah mata dan berwarna hitam, sedangkan bagian kedua adalah “iris” yang pada bayi kucing berwarna kebiruan. Ketika mata kucing sudah berfungsi normal maka pupil akan bereaksi terhadap cahaya. Pada saat cahaya masuk – pupil akan menyempit sehingga bagian iris (berwarna kebiruan) yang akan nampak lebih dominan, sedangkan pada saat kurang cahaya pupil akan melebar sehingga warna mata akan dominan hitam.

      Jika yang dimaksud Susi dengan warna hitam adalah ketika pupil sedang melebar dan warna ke abu abuan adalah ketika pupil sedamg menyempit maka ini adalah hal yang normal, namun jika warna abu abu terjadi akibat kornea yang tidak jernih maka ini adalah hal yang tidak normal. Untuk memastikannya – konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

      Suka

  24. Berat badan normal bayi kucing umur 20 hari berapa ya.. Anak kucing sya kurus dan suka muntah keluar cacing..
    Mau d kasih obat cacing tp baca2 artikel minimal umur 6 minggu. Bagaimana ya solusinya.?

    Suka

  25. Hai dok, saya memiliki 4 jenis anak kucing sepertinya ada keturunan anggoranya. Usianya 4 minggu, 3 kucing sudah bisa berjalan baik
    Namun 1 kucing yg blm bisa berjalan, jalannya selalu tersungkur kakinya seperti belum kokoh untuk berpijak, jalanpun seperti ngesot tp matanya sudah terbuka, telinganya sudah sempurna, sampai skrg masih nyusu dr induknya
    Apakah kucing tersebut pasti bisa berjalan? Apa yg harus sy lakukan, mohon bantuannya

    Suka

  26. Halo dok, Saya punya anak kucing usia lima minggu, sudah dua minggu induknya tidak mau nyusui jadi saya beri susu formula kucing. Dia sudah mulai belajar makan, tetapi terkadang tersedak dan dia muntahkan, apa tidak masalah? dan berjalannya pun masih sering terjatuh atau terjegal kakinya sendiri, apa itu normal? terimakasih atas tanggapannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s