Vaksinasi Untuk Kucing Kampung

Pada saat ini masih banyak pendapat yang menganggap bahwa kucing kampung tidak perlu mendapat vaksinasi karena mereka lebih tahan terhadap penyakit (dibandingkan dengan kucing ras atau keturunan ras). Salah satu alasan yang sering dikemukakan adalah banyaknya kucing liar yang nampak sehat walaupun tidak pernah mendapat vaksinasi.

Pendapat tersebut diatas tidaklah tepat, karena jika benar kucing jalanan tidak pernah sakit maka lingkungan sekitar kita akan sudah dipenuhi dengan kucing kucing liar atau kucing jalanan akibat cepatnya kucing kucing tersebut bereproduksi.

Foto kucing ini saya ambil di Stasiun Gubeng – Surabaya

Sebagai ilustrasi kita bisa membuat hitungan sederhana, dengan usia dewasa kelamin kucing betina yang sehat sekitar enam atau tujuh bulan dan dengan masa kehamilan selama 63 hari maka seekor kucing betina akan sudah mempunyai keturunan sebelum dia berusia genap satu tahun. Dengan asumsi jumlah anak empat ekor maka dari populasi 2 ekor kucing (jantan dan betina) dalam waktu satu tahun akan menjadi 6 ekor kucing, peningkatan tiga kali lipat. Pada tahun berikutnya populasi tersebut akan meningkat pesat karena sang induk sudah akan melahirkan beberapa bayi kucing baru dan sang anak juga akan siap bereproduksi, singkatnya dalam waktu dua tahun populasi akan meningkat dari dua ekor menjadi 20 ekor kucing atau lebih. demikianlah seterusnya populasi ini akan meningkat terus dengan cepat.

Jika hitungan diatas benar adanya maka bisa dibayangkan betapa banyaknya kucing yang ada disekitar kita, jika kucing kucing tersebut bisa bertahan hidup semua maka disekitar pasar dan tempat pembuangan sampah (tempat dimana anak kucing sering dibuang) akan dipenuhi dengan kucing berkeliaran. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian, pada tempat tempat tersebut memang terdapat banyak kucing yatim piatu (tak bertuan) namun jumlahnya tidak pernah meledak tanpa terkendali.

Populasi kucing liar sedikit banyak dikendalikan oleh mekanisme seleksi alami dalam bentuk penyakit menular. Banyak dari kucing kucing liar (kucing yang tidak bertuan) tersebut tidak bisa bertahan dari serangan penyakit dan mati. Sebagian besar dari kita tidak pernah melihat kucing kucing liar yang sakit karena yang kita lihat adalah yang sehat saja sehingga mereka bisa mencari makan, sedangkan yang sakit atau yang lemah tidak mampu berkeliaran sehingga tidak pernah kita lihat.

Adalah tidak benar anggapan bahwa kucing kampung tidak perlu divaksin karena mereka lebih tahan terhadap penyakit dengan merujuk pada kucing kampung liar yang tidak sakit. Kucing kampung juga rentan terhadap penyakit dan karenanya harus mendapat perlindungan yang cukup. Dalam hal pencegahan penyakit yang diakibatkan 3 (tiga) virus utama yaitu: virus rhinotracheitis, virus calici dan virus panleukopenia yang terpenting adalah memberikan vaksinasi pada saat yang tepat (mulai usia 2 bulan).

Karena itu jika anda saat ini masih memiliki kucing yang belum divaksin (apapun jenis atau ras nya), segera konsultasikan dengan dokter hewan langganan anda untuk menentukan jadwal vaksinasi yang paling sesuai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s